Recent Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Sample Text

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.

Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Karet Elastomer

Karet Elastomer

Cari Blog Ini

Elastomer Jembatan Polos dan Laminasi

Elastomer Jembatan Polos dan Laminasi

Pages

Halaman

This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Kamis, 01 April 2021

Jenis - jenis Dermaga


DERMAGA

DERMAGA DAN JENISNYA Dermaga adalah suatu bangunan pelabuhan yang digunakan untuk merapat dan menambatkan kapal yang melakukan bongkar muat barang dan menaik-turunkan penumpang. Di dermaga juga dilakukan kegiatan untuk mengisi bahan bakar untuk kapal, air minum, air bersih, saluran untuk air kotor/limbah yang akan diproses lebih lanjut di pelabuhan. Tipe-tipe Dermaga Menurut Triatmodjo (1996) dermaga dapat dibedakan menjadi dua tipe yaitu wharf atau quay dan jetty atau pier atau jembatan. 



1. Wharf atau quai Wharf adalah dermaga yang paralel dengan pantai dan biasanya berimpit dengan garis pantai. Wharf juga berfungsi sebagai penahan tanah yang ada di belakangnya.
 2. Jetty atau pier atau jembatan Jetty atau pier adalah dermaga yang menjorok ke laut. Pada dermaga tipe jetty, biasanya kapal dapat merapat di kedua sisi jetty. Jetty biasanya searah dengan garis pantai dan dihubungkan dengan daratan oleh jembatanyang biasanya membentuk sudut tegak lurus dengan jetty sehingga jetty dapat berbentuk huruf T atau L. Pemilihan Tipe Dermaga Sebelum merancang dan membangun dermaga, perlu diketahui untuk keperluan apa dermaga tersebut didirikan. Pemilihan tipe dermaga sangat dipengaruhi oleh kebutuhan yang akan dilayani, ukuran kapal, arah gelombang dan angin, kondisi topografi dan tanah dasar laut, dan tinjauan ekonomi untuk mendapatkan bangunan yang paling ekonomis. 
Pemilihan tipe dermaga terutama didasarkan pada pertimbangan:
 1. Topografi daerah pantai Di perairan yang dangkal dimana kedalaman yang cukup untuk kapal berada agak jauh dari darat, penggunaan jetty akan lebih ekonomis karena tidak diperlukan pengerukan yang besar. Sebaliknya di lokasi dimana kemiringan dasar cukup curam, pembuatan pier dengan melakukan pemancangan tiang di perairan yang dalam menjadi tidak praktis dan mahal sehingga lebih tepat dibangun wharf. 
2. Jenis kapal yang dilayani Dermaga yang melayani kapal minyak (tanker) dan barang curah mempunyai konstruksi yang relatif ringan karena tidak memerlukan peralatan bongkar muat (kran) yang besar, jalan kereta api, gudang, dsb. Untuk keperluan ini jetty lebih cocok. Dermaga yang melayani barang potongan dan peti kemas menerima beban yang besar di atasnya seperti kran, barang yang dibongkar muat, peralatan transportasi (kereta, truk). Untuk keperluan ini wharf lebih cocok. 3. Daya dukung tanah Pada umumnya tanah di dekat daratan mempunyai daya dukung yang lebih besar daripada tanah di dasar laut yang biasanya berupa endapan yang belum padat. Dari sisi daya dukung tanah, wharf lebih menguntungkan. Tetapi untuk dasar pantai berupa karang, wharf akan mahal karena diperlukan pengerukan yang lebih sulit. Menurut Suraji (2011), ada beberapa tipe struktur dermaga, antara lain : 
 Dermaga tipe gravitasi 
 Dermaga tipe tiang turap 
 Dermaga tipe tiang turap dengan pelantar peringan 
 Dermaga tipe bendungan elak berongga tiang turap baja
 Dermaga tipe bendungan elak ronggo pelat baja 
 Dermaga tipe pir terbuka dengan taing pancang vertikal 
 Dermaga tipe pir terbuka dengan pasangan tiang pancang miring 
 Dermaga tipe pir pir terpisah 
 Dermaga tipe pir terapung 
 Dermaga tipe tambatan kapal di laut lepas (dolpin) 
Sedangkan menurut Wikipedia (2012), ada beberapa jenis dermaga yang biasanya digunakan yaitu : 
1. Dermaga ‘quay wall’ Dermaga quay wall ini terdiri dari struktur yang sejajar pantai, berupa tembok yang berdiri di atas pantai, dan dapat dibangun dengan beberapa pendekatan konstruksi diantaranya sheet pile baja/beton, caisson beton atau open filled structure. Beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam pembangunan quay wall, yaitu :
 Dermaga quay wall adalah dermaga yang dibuat sejajar pantai dan relatif berhimpit dengan pantai (kemiringan pantai curam). 
 Konstruksi dermaga biasanya dibangun langsung berhimpit dengan areal darat. 
 Kedalaman perairan cukup memadai dan memungkinkan bagi kapal merapat dekat sisi darat (pantai). Kedalaman perairan tergantung kepada ukuran kapal yang akan berlabuh pada dermaga tersebut. 
 Kondisi tanah cukup keras 
 Pasang surut tidak mempengaruhi pada pemilihan tipe struktur tetapi berpengaruh pada detail dimensi struktur yang dibutuhkan. 
2. Dermaga ‘dolphin’ (trestel) Dermaga dolphin merupakan tempat sandar kapal berupa dolphin diatas tiang pancang. Biasanya dilokasi dgn pantai yang landai, diperlukan jembatan trestel sampai dengan kedalaman yang dibutuhkan. Beberapa pertimbangan yang digunakan dalam pembangunan dermaga dolphin: 
 Dermaga dolphin adalah sarana tambat kapal yang fasilitas bongkar muatnya ada di haluan atau buritan. 
 Jarak kedalaman perairan yang disyaratkan dari pantai relatif cukup panjang. 
 Terdapat konstruksi tambahan berupa jembatan dermaga (trestel), tanggul atau dapat juga keduanya. 
 Sarana tambat yang akan direncanakan terdiri dari struktur breasting dan mooring yang dihubungkan dengan catwalk. 
 Posisi breasting berfungsi utama sebagai sarana sandar kapal, tapi juga dapat berfungsi sebagai sarana tambat kapal jika dipasang bollard, sedangkan mooring dolphin berfungsi menahan kapal sehingga tetap berada pada posisi sandar. 
 Pasang surut tidak mempengaruhi pada pemilihan tipe struktur tetapi berpengaruh pada detail dimensi struktur yang dibutuhkan. 
3. Dermaga apung/system Jetty (pier) Dermaga apung adalah tempat untuk menambatkan kapal pada suatu ponton yang mengapung diatas air. Digunakannya ponton adalah untuk mengantisipasi air pasang surut laut, sehingga posisi kapal dengan dermaga selalu sama, kemudian antara ponton dengan dermaga dihubungkan dengan suatu landasan/jembatan yang flexibel ke darat yang bisa mengakomodasi pasang surut laut. Biasanya dermaga apung digunakan untuk kapal kecil, yach atau feri seperti yang digunakan di dermaga penyeberangan yang banayak ditemukan di sungai-sungai yang mengalami pasang surut. 
 Ada beberapa jenis bahan yang digunakan untuk membuat dermaga apung seperti : 
 Dermaga ponton baja yang mempunyai keunggulan mudah untuk dibuat tetapi perlu perawatan, khususnya yang digunakan dimuara sungai yang airnya bersifat lebih korosif. 
 Dermaga ponton beton yang mempunyai keunggulan mudah untuk dirawat sepanjang tidak bocor. 
 Dermaga ponton dari kayu gelondongan, yang menggunakan kayu gelondongan yang berat jenisnya lebih rendah dari air sehingga bisa mengapungkan dermaga.  
STRUKTUR DERMAGA 
Pemilihan jenis struktur dermaga dipengaruhi oleh kebutuhan yang akan dilayani (dermaga penumpang ataupun barang yang bisa berupa barang satuan, curah, atau cair), ukuran kapal, arah gelombang dan angin, kondisi topografi, dan tanah dasar laut. Di bawah ini merupakan jenis-jenis struktur demaga yang pada umumnya sering ditemui. a. Deck On Pile Struktur Dermaga Deck On Pile (open type structure) menggunakan serangkaian tiang pancang (piles) sebagai pondasi untuk lantai dermaga. Seluruh beban di lantai dermaga, termasuk gaya akibat berthing dan mooring, diterima sistem lantai dermaga dan tiang pancang pada struktur dermaga ini. Di bawah lantai dermaga, kemiringan tanah dibuat sesuai dengan kemiringan alaminya serta dilapisi dengan perkuatan (revement) untuk mencegah tergerusnya tanah akibat gerakan air yang disebabkan oleh manuver kapal. Untuk menahan gaya lateral yang cukup besar akibat berthing dan mooring kapal, dapat dilakukan pemasangan tiang pancang miring. Pada umumnya, jenis struktur tiang pada Struktur Dermaga Deck On Pile sedikit sensitif terhadap getaran-getaran lokal seperti tumbukan bawah air akibat haluan kapal dibandingkan struktur dermaga lainnya. Keuntungan Struktur Dermaga Deck On Pile: (1) sudah umum digunakan, (2) mudah dilaksanakan, dan (3) perawatan lebih mudah. Kerugian/hambatan Struktur Dermaga Deck On Pile: (1) diperlukan pekerjaan pengerukan dengan volume yang cukup besar, (2) diperlukan proteksi pada kemiringan tanah di bawah lantai dermaga, dan (3) diperlukan pemasangan tiang miring apabila gaya lateral cukup besar. b. Sheet Pile Dermaga jenis ini menggunakan sheet pile (turap atau dinding penahan tanah) untuk menahan gaya-gaya akibat perbedaan elevasi antara lantai dermaga dengan dasar kolam. Struktur Dermaga Sheet Pile adalah jenis struktur yang tidak memperdulikan kemiringan alami dari tanah. Struktur jenis ini biasanya dibangun pada garis pantai yang memiliki kemiringan curam dimana, pada umumnya, tanah pada bagian laut kemudian dikeruk untuk menambah kedalaman kolam pelabuhan. Tiang pancang masih diperlukan untuk menahan gaya lateral dari kapal yang sedang sandar atau untuk membantu sheet pile menahan tekanan lateral tanah. Struktur sheet pile ini dapat direncanakan dengan menggunakan sistem penjangkaran (anchor) ataupun tanpa penjangkaran. Sistem penjangkaran dapat berupa tiang angkur atau angkur batu. Untuk kondisi perairan dimana gelombang agak besar, Struktur Dermaga Sheet Pile kurang cocok karena gelombang akan menghantam dinding dan terjadi olakan air di daerah dimana kapal sandar. Keuntungan Struktur Dermaga Sheet Pile adalah tidak memerlukan pengerukan tanah di bawah deck. Kerugian/hambatan Struktur Dermaga Sheet Pile: (1) perlu perlindungan terhadap korosi, (2) perlu perbaikan tanah, dan (3) masih memerlukan tiang miring. c. Diaphragma Wall Selain sheet pile, diaphragma wall beton juga dapat berfungsi sebagai penahan tekanan lateral tanah. Struktur Dermaga Diafragma Wall terdiri dari blok-blok beton bertulang berukuran besar yang diatur sedemikian rupa. Perletakan blok beton dengan kemiringan tertentu dimaksudkan agar terjadi geseran antara blok beton satu dengan lainnya sehingga dicapai kesatuan konstruksi yang mampu memikul beban-beban vertikal (dari lantai dermaga) maupun horizontal pada dermaga. Barrette pile dapat digunakan pada struktur ini, yang berfungsi sebagai anchor untuk diaphragma wall, keduanya dihubungkan oleh sistem tie beam atau tie slab. Untuk kondisi perairan dimana gelombang agak besar, Struktur Dermaga Diaphragma Wall kurang cocok karena gelombang akan menghantam dinding dan terjadi olakan air di daerah dimana kapal sandar. Keuntungan Struktur Dermaga Diaphragma Wall: (1) waktu pelaksanaan relatif singkat, dan (2) dinding dapat dirancang menerima gaya aksial. Kerugian/hambatan Struktur Dermaga Diaphragma Wall: (1) harus dilaksanakan oleh tenaga ahli dalam bidang ini, (2) memerlukan material khusus, dan (3) memerlukan peralatan khusus. d. Caisson Struktur ini merupakan salah satu jenis dari dermaga gravity structure. Pada prinsipnya, struktur dermaga jenis ini memanfaatkan berat sendiri untuk menahan beban-beban vertikal dan horizontal pada struktur dermaga serta untuk menahan tekanan tanah. 
Caisson dalah suatu konstruksi blok-blok beton bertulang berbentuk kotak-kotak yang dibuat di darat dan dipasang pada lokasi dermaga dengan cara diapungkan dan diatur pada posisi yang direncanakan, kemudian ditenggelamkan dengan mengisi dinding kamar-kamar caisson dengan pasir laut ataupun batu. Untuk kondisi perairan dimana gelombang agak besar, Struktur Dermaga Caisson kurang cocok karena gelombang akan menghantam dinding dan terjadi olakan air di daerah dimana kapal sandar. Keuntungan Struktur Dermaga Caisson: 
(1) blok-blok caisson dapat dibuat di temapt lain dan 
(2) dapat dliaksanakan pada kondisi tanah yang jelek. 
Kerugian/hambatan Struktur Dermaga Caisson: 
(1) diperlukan perbaikan tanah alas caisson agar mampu menahan berat caisson dan beban yang akan bekerja dan 
(2) diperlukan keahlian khusus untuk pembuatan blok-blok beton dan penempatan caisson. e. Dolphin’s System Dermaga Sistem Dolphin membutuhkan jetty untuk menghubungkan dermaga dengan darat. Ada dua jenis Dermaga Sistem Dolphin, yaitu L-jetty dan fingerpier. Struktur Dermaga Sistem Dolphin dikatagorikan sebagai light structure (struktur ringan) karena Struktur Dermaga Sistem Dolphin direncanakan hanya untuk menerima beban-beban ringan seperti pipa-pipa penyalur minyak dan gas serta conveyors. Struktur Dermaga Sistem Dolhpin biasanya digunakan untuk: 
1. Dermaga ferry untuk kapal jenis Ro-Ro 
2. Dermaga untuk bulk untuk loading batu bara serta loading-unloading minyak. Ciri-ciri Dermaga Sistem Dolphin adalah: 
 Kolam pelabuhan jauh dari garis pantai. Oleh karena itu dibuat jembatan penghubung antara platform dengan terminal di darat. 
 Berdasarkan fumngsinya, struktur dermaga dibagi menjadi dua bagian:
 Working platform (jetty head), digunakan untuk menempatkan peralatan bongkar muat (unloading arms dan vapour return line arm), katup-katup pipa, dan lain-lain. 
 Berthing dolphins dan mooring dolphins, digunakan untuk bersandar dan mengontrol kapal yang berlabuh. 
 Working platform (jetty head) tidak dirancang digunakan untuk menahan gaya horizontal yang ditimbulkan kapala saat bersandar dan berlabuh seperti yang diterima oleh berthing (breasting) dolphins dan mooring dolphins. 
Jetty head merupakan platform yang terdiri dari loading/unloading arm, area perbaikan, bangunan perbaikan, jetty crane, menara kebakaran, jalan, dan lainnya. Biasanya jetty head berukuran 20 x 30 m. 
 Approach bridge terdiri dari jalan darat dengan lebar 2,5-3,5 m, jaringan pipa, saluran perbaikan, lampu penerangan, dan fasilitas lainnya. Panjang approach bridge ini bervariasi dan tergantung kondisi sekitar sehingga bisa memcapai beberapa kilometer. 
 Berthing atau breasting dolphin berfungsi untuk menahan energi kinetik saat kapal bersandar, menahan kapal selama angin pesisr bertiup, dan memperkuat spring lines dari kapal. 
 Mooring dolphins berfungsi untuk memperkuat mooring lines (breast dan stearn line) yang melintang. 
Gaya-gaya yang bekerja pada dermaga Gaya-gaya hantaran yang bekerja pada dermaga dapat dibedakan menjadi gaya lateral dan vertical. Gaya lateral meliputi gaya benturan kapal pada dermaga, gaya tarikan kapal dan gaya gempa, sedang vertical adalah berat sendiri bangunan dan beban hidup. 
1. Gaya benturan kapal Pada waktu merapat ke dermaga, kapal masih mempunyai kecepatan sehingga akan terjadi benturan antara kapal dengan dermaga. Dalam perencanaan dianggap bahwa benturan maksimum 10° terhadap sisi depan dermaga. Gaya benturan kapal yang harus ditahann dermaga tergantung pada energi benturan ang diserap oleh sisem fender yang dipasang pada dermaga. 
2. Gaya akibat angin Angin yang berhembus ke badan kapal yang ditambatkanakan menyebabkan gerakan kapal yang bisa menimbulkan gayapada dermaga. Apabila arah angin menuju ke dermaga; sedang jikaarahnya mininggalkan dermaga akan menyebabkan tarikan kapalpada alat penambat (bollard). 
3. Gaya akibat arus Seperti halnya angin, arus yang bekerja pada bagian kapalyang terendam air juga akan menyebabkan terjadinya gaya pada kapal yang kemudian diteruskan pada dermaga dan alat penambat(bollard). 
4. Gaya tarikan kapal pada dermaga Gaya angin dan arus pada kapal dapat menyebabkan gaya benturan pada dermaga atau gaya tarik pada alat penambat (bollard) yang ditempatkan pada dermaga.   Perencanaan Dermaga Dasar pertimbangan dalam perencanaan dermaga adalah sebagai berikut: 
 Posisi dermaga ditentukan oleh ketersediaan lahan dan kestabilan tanah disekitar sungai. 
 Panjang dermaga dihitung berdasarkan kebutuhan kapal yang akan berlabuh, dasar pertimbangan desain panjang dermaga yang bisanya dijadikan acuan adalah 1.07 sampai 1,16 panjang kapal (LOA) 
 Lebar dermaga disesuaikan dengan kemudahan aktivitas bongkar muat kapal dan pergerakan kendaraan pengangkut di darat. 
 Letak dermaga dekat dengan fasilitas penunjang yang ada di daratan.  Elevasi dermaga ditentukan dengan memperhatikan kondisi elevasi muka air sungai/pasang surut.
A. Desain Dermaga Quay Wall Jenis-jenis Quaywall Struktur wall sangat tergantung kepada beberapa hal sebagai berikut: 
 Kondisi tanah, merupakan faktor utama dalam penentuan jenis quay wall yang akan dipilih 
 Tekanan tanah 
 Muatan pada dermaga, beban merata, beban titik, gaya-gaya mooring (yang diterima melalui bollard ataupun fender 
 Kedalaman didepan dermaga 
 Pengaruh pasang surut dan garis air 
 Faktor-faktor sekunder lainnya seperti angin, arus, gelombang, dan beberapa faktor minor lainnya. 
B. Desain Dermaga Apung Platform terapung seperti halnya pontoon harus didisain hingga taraf kestabilan dan keamanan yang diinginkan. Pontoon tersebut haruslah memiliki area permukaan dan tinggi freeboard yang mencukupi sehingga dapat berfungsi dengan baik. Dimensi pontoon yang didisain akan tergantung dari tipe pembebanan yang digunakan. Beban-beban yang harus dipertimbangkan yang dapat bekerja pada sebuah pontoon: 
 Beban statik dan beban hidup. 
 Reaksi dari jalan akses (jembatan atau gangway). 
 Tekanan hidrostatis. 
 Beban mati. 
 Gaya angkat. 
Urutan pelaksanaan pekerjaan konstruksi dermaga Salah satu cara urutan Pelaksanaan Pekerjaan Konstruksi dermaga mulai dari: 
 pemancangan tiang pancang, 
 pemasangan bracket, 
 pemasangan base form, 
 pemasangan tulangan, 
 pemasangan side form, 
 pengecoran balok, 
 pemasangan precast slab, 
 pemasangan tulangan slab, 
 pengecoran plat/slab.

Video Ukuran Karet Fender V Dermaga

 Ukuran Karet Fender V Dermaga

Ukuran karet fender V ada berbagai macam ukuran yang masing - masing ukuran disesuaikan dengan jenis kapal, beban kapal yang bakal sandar dan kondisi dermaga.

Karet fender tipe V adalah tipe fender yang paling banyak penggunaannya di dermaga di Indonesia, memiliki kemampuan yang sudah teruji sebagai fender yang sangat mumpuni,selain itu karet fender V juga mudah sekali dalam pemasangannya.

Ukuran Standard Karet Fender Tipe V antar lain : 

  • Karet Fender V 150 dengan panjang 1000, 1500, 2000, 2500, dan 3000
  • Karet Fender V 200 dengan panjang 1000, 1500, 2000, 2500, dan 3000
  • Karet Fender V 250 dengan panjang 1000, 1500, 2000, 2500, dan 3000
  • Karet Fender V 300 dengan panjang 1000, 1500, 2000, 2500, dan 3000
  • Karet Fender V 400 dengan panjang 1000, 1500, 2000, 2500, dan 3000
  • Karet Fender V 500 dengan panjang 1000, 1500, 2000, 2500, dan 3000
  • Karet Fender V 600 dengan panjang 1000, 1500, 2000, 2500, dan 3000
  • Karet Fender V 800 dengan panjang 1000, 1500, 2000, 2500, dan 3000
  • Karet Fender V 1000 dengan panjang 1000, 1500, 2000, 2500, dan 3000



Pemesanan Karet Fender Dermaga

Kami CV.Gada Bina Usaha merupakan produsen karet fender sejak 2010 dengan penggunaan produk di berbagai proyek rehabilitas dermaga maupun pembangunan dermaga di Indonesia.

Produk karet fender kami diproduksi sendiri dengan workshop yang jelas MAP Workshop Gada Bina Usaha

 https://wa.me/081233069330 

GADA BINA USAHA -PIONEER NOT FOLLOWER

Sabtu, 06 April 2019

Pelapisan Bantalan Karet Candi Borobudur

Pelapisan Bantalan Karet Candi Borobudur

Balai Konservasi Borobudur yang bekerja sama dengan Balai Kulit, Karet, dan Plastik Yogyakarta melakukan analisa dan  berbagi kajian dan persiapan untuk melapisi tangga candi borobudur dengan bantalan karet.

Tangga Borobudur Dilapisi Bantalan Karet

Dilakukannya pelapisan karet tersebut sebagai salah satu upaya menanggulangi keausan batu tangga akibat tingginya jumlah pengunjung.Kegiatan pelapisan tangga ini dianggap sangat penting untuk menjaga kelestarian Candi Borobudur dari besarnya tekanan pengunjung mengingat pemerintah juga telah menaikkan target jumlah pengunjung di Candi Borobudur hingga 7 juta wisatawan.
Sebelum dilakukan pengecoran batu candi diberi lapisan khusus dan diberi rangka agar lebih kuat selain itu warna karet disesuaikan dengan warna batu. Meskipun lapisan karet dicor di batu candi, lapisan bantalan karet bisa dilepas ketika akan dilakukan pembersihan batu.
Bantalan Karet tangga Borobudur

Dalam menentukan bahan untuk pelapis tangga candi terdapat beberapa hal yang menjadi pertimbangan yaitu harus memenuhi unsur keindahan atau estetika, memenuhi unsur arkeologi, tidak merusak atau berbahaya untuk batuan candi, memiliki konstruksi yang kuat, serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung.

Senin, 28 Januari 2019

Cikarang sebagai Kawasan Industri Terbesar di Asean

Cikarang Kawasan Industri Terbesar di Asean


Cikarang saat ini diklaim sebagai kota yang sedang berkembang pesat dan memiliki ciri khusus yang tidak dimiliki kawasan lain, yakni keberadaan kota industri yang terbilang mapan dengan didukung area hunian yang moderen.Cikarang telah menjadi salah satu pusat industri nasional yang nilai ekspornya mampu bersaing dengan Batam. Kawasan Industri di Cikarang merupakan kawasan industri yang potensial mengingat sekitar 2.125 unit pabrik 25 negara berlokasi di kawasan tersebut.
Pabrik Cikarang

Kawasan Industri Cikarang pun mampu mendonasi 34,46% PMA Nasional dan 22 hingga 45% ekspor nasional. Tahun 2008 saja, omset yang dihasilkan kawasan industri tersebut mencapai nilai 35 Milyar USD. Dimana, 70% dari angka tersebut adalah kontribusi dari ekspor. Tercatat sudah ada 7 kawasan industri Cikarang yang mejeng. Diantaranya adalah MM2100, Delta Silicon I dan II, BIIE, EJIP, Jababeka I dan II.
Lahirnya kehidupan baru di Cikarang secara optimis bisa mengurangi kepadatan transportasi di Jakarta. Pasalnya nanti Cikarang bisa menjadi pengalihan aktifitas dari kota Jakarta. Apalagi tahun depan, Cikarang juga akan dilintasi lintasan jalur rel kereta cepat jalur Jakarta – Bandung, kereta LRT, kereta MRT, pelabuhan laut Patimban, bandara Internasional Kertajati dan tol layang Jakarta – Cikampek. Sehingga akses Jakarta – Cikarang pun tidak akan lagi menjadi masalah.

Selain membantu beban kota Jakarta, Cikarang dengan Kawasan Industri Cikarang -nya juga ikut membantu beban wilayah Bandung.

Jumat, 25 Januari 2019

CALL 0812-3306-9330 Jual Elastomer Jembatan Jakarta

Jual Elastomer Jembatan Jakarta 

Elastomer jembatan Jakarta atau elastomeric bearing pads adalah tumpuan pada abutmen jembatan sebagai perletakan elastomer jembatan yang menopang girder / balok jembatan.Karet elastomer jembatan pada struktur jembatan dapat memberikan redaman pada setiap gerakan di balok jembatan karena beban mati dan beban statis misal kendaraan atau gerakan tanah, dan beban tersebut diteruskan ke bagian bawah struktur jembatan.selain itu karet elastomer jembatan juga sebagai penyekat antar material keras girder jembatan dengan bangunan bawah jembatan atau pondasi jembatan.

jual elastomer jembatan jakarta

Desain Elastomer Jembatan

Elastomer jembatan didesain berdasarkan perencanaan jembatan dengan perhitungan dari pihak dinas terkait maupun kolsutan.Umumnya karet elastomer jembatan didesain berbentuk balok atau persegi dengan rumus ukuran P X L X T ,beberapa elastomer jembatan memiliki bentuk bulat (circular bearing pads).Ukuran standard elastomer yang banyak digunakan adalah : 
jual elastomer jembatan jakarta


  • Elastomer jembatan 300 X 350 X 36 mm
  • Elastomer jembatan 400 X 350 X 39 mm
  • Elastomer jembatan 450 X 400 X 45 mm
Dan masih banyak ukuran yang lain yang disesuaikan dengan desain perencanaan jembatan di lapangan.

Material Elastomer Jembatan

Elastomer Jembatan terbuat dari karet alam atau neoprene yang divulkanisat dengan ukuran tertentu,terdapat dua tipe elastomer jembatan yaitu elastomer jembatan polos tanpa plat didalamnya dan elastomer jembatan laminasi dengan plat didalamnya.untuk jembatan kecil dan tidak memiliki beban yang besar cukup menggunakan tipe elastomer polos.

Pemesanan Elastomer Jembatan

Kami CV.Gada Bina Usaha memproduksi elastomer jembatan sejak 2010 dengan berbagai spesifikasi dan ukuran.Produk melalui proses produksi yang kami jamin secara kualitas dengan menggunakan mesin press hydraulic menjadikan elastomer jembatan yang kuat dan tahan.spesifikasi teknik ukuran material dan kebutuhan elastomer jembatan dapat menghubungi kami CV Gada Bina Usaha dengan workshop yang jelas dan bisa disurvey - Peta Workshop Elastomer Jembatan,kami juga memproduksi karet fender fender dermaga, karet bumper loading dock
Fast Respon https://wa.me/6281233069330











Selasa, 08 Mei 2018

Jembatan Musi 4 Palembang


Pembangunan jembatan Musi IV sudah lama direncanakan, terlebih jika melihat kepadatan lalu lintas di sekitar Jembatan Ampera di kawasan Seberang Ulu ke Seberang Ilir. Jembatan Musi 4nantinya akan dua lajur, dengan panjang 1.130 meter dan lebar 12 meter. Ketinggian jembatan 16,88 meter yang dihitung dari permukaan air sungai dengan titik terbawah jembatan. Keberadaannya akan menghubungkan bagian hulu dan bagian hilir kota Palembang.

Lokasi jembatan Musi IV berada tepatnya di Kelurahan Kuto Batu dan Kelurahan Lawang Kidul di Seberang Ilir, sementara di Seberang Ulu yakni di Jalan A Yani di Kelurahan 14 Ulu Kecamatan Seberang Ulu II Palembang. Jembatan Musi IV dibangun oleh yaitu PT Adhi Karya. Nilai kontrak pembangunan sebesar Rp 521 miliar, yang dana pembangunannya bersumber dari APBN tahun anggaran 2015-2018 dan masa pelaksanaan 30 bulan.

Jembatan Musi IV ini akan menjadi icon baru kota Palembang setelah Jembatan Ampera.
Akan ada ornament penghias bergaya Palembang pada jembatan tersebut, sehingga dengan sekali lirik pun, publik akan tahu bahwa mereka sudah di wilayah Palembang. Jembatan Musi IV dirancang berbentuk extradosed sehingga memiliki kontruksi badan jembatan yang lebih kuat dan modern. Di pulau Sumatera, baru jembatan Musi IV di Palembang yang berkontruksi seperti ini.

Selain jembatan musi IV, pemerintah kota Palembang juga membangun jembatan musi III, dan Jembatan Musi VI. Rancangan jembatan Musi IV pada awalnya merupakan perpaduan dari rancangan bangun dengan jembatan Musi III, dimana pada konsep awalnya merupakan dua jembatan yang dibangun berdekatan dan masing-masing dua lajur. Konsepnya seperti jembatan berpasangan dengan bentuk yang sama. Akan tetapi, dalam perkembangannya jembatan Musi IV ternyata lebih dahulu dibangun.

Pembangunan Jembatan ini diharapkan akan selesai sebelum Asian Games berlangsung pada tahun 2018, sehingga ketika event berskala internasional itu berlangsung lalu lintas kota Palembang akan lancar. Palembang akan membawa nama baik bagi bangsa Indonesia.




Dalam perencanaan ini Jembatan Musi IV dibangun dengan menggunakan konstruksi Steel Box Half Through Arch. Jembatan dibagi menjadi 3 bentang dengan panjang masing-masing bentang 90 m, 140m, dan 90 m serta lebar jalan jembatan 14 meter. Material yang menyusun lantai kendaraan berupa elemen beton bertulang. Sedangkan gelagar jembatan menggunakan profil baja WF. Stuktur Pelengkung menggunakan box baja. Sedangkan untuk kabel dan angkernya menggunakan rod hanger ANVIL. Perencanaan ini dibantu dengan menggunakan program komputer SAP2000 v14 untuk menganalisa struktur baik struktur primer maupun struktur sekunder. Hasil dari perencanaan ini adalah didapatkan dimensi struktur penyusun lantai kendaraan, kabel dan angker, busur pelengkung, dan kebutuhan sambungan dengan menggunakan acuan peraturan BMS ’92, SNI 1725:2016, RSNI 2833:2013, RSNI T-03-2005, SNI 03-1729-2002. Selain itu stabilitas jembatan terhadap angin juga dikontrol menggunakan analisa dinamis yang meliputi analisa aerodinamis dan gempa dinamis. Hasil perhtiungan dituangkan dalam gambar teknik menggunakan autoCAD.  

Minggu, 29 April 2018

Karet Fender V 1000

Karet Fender V H 1000

Karet Fender tipe V dengan tinggi 1000 mm atau 1 meter adalah karet fender model V dengan dimensi paling besar.kekuatan dan kehandalan karet fender V sudah tidak diragukan lagi berikut pemasangannya  yang mudah.

Karet Fender V 1000
Karet Fender V 1000

Karet Fender Dermaga

Kontak Kami

HUBUNGI KAMI 
CV.GADA BINA USAHA
ASRIKATON INDAH F6 - GRAHA GBU
MALANG

 
GRAHA GBU
















TELEPON 
SIMPATI     : 081233069330
XL             : 0818386648
FAX           : 0341-795882
E-MAIL      : gadabinausaha@gmail.com

RECOMENDED SELLER PERUSAHAAN RUBBER FENDER
ACCOUNT ATAS NAMA PERUSAHAAN (BUKAN PRIBADI)