Recent Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Sample Text

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.

Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Karet Elastomer

Karet Elastomer

Cari Blog Ini

Elastomer Jembatan Polos dan Laminasi

Elastomer Jembatan Polos dan Laminasi

Pages

Halaman

Rabu, 03 Juni 2015

Karet Elastomer Bantalan Jembatan

Karet Elastomer Bantalan Jembatan

Karet elastomer bantalan jembatan perangkat yang digunakan pada struktur jembatan dan flyover, perangkat yang wajib diinstall pada konstruksi jembatan sebagai landasan karet jembatan

Fungsi Karet Elastomer Jembatan

Karet elastomer jembatan adalah komponen yang dibutuhkan pada konstruksi jembatan berfungsi mengakomodir pergerakan yang diakibatkan oleh pemuaian dan penyusutan yang karena perubahan temperatur, pergerakan tanah, gaya sentrifugal dan logitudinal dari kendaraan yang melintas, lendutan akibat beban, maupun kombinasi dari semua gaya tersebut. Untuk mencegah kerusakan tersebut yang disebabkan oleh pergerakan jembatan, maka diperlukan landasan yang dapat menahan pergerakan jembatan.
Penahan getaran jembatan,tatakan dan landasan yang baik adalah yang bersifat awet, mudah pemasangan dan pemeliharaannya, dan murah. Landasan atau tatakan jembatan dapat menahan pergerakan jembatan dengan meneruskan gaya dan meredam getaran dari bangunan atas ke bangunan bawah.
karet elastomer bantalan jembatan

Material Karet Elastomer Jembatan

Karet elastomer bantalan jembatan atau Landasan jembatan terdiri dari dua komponen yaitu bantalan jembatan dan abutmen jembatan . Ada beberapa tipe landasan jembatan dari bahan pembuatannya, di antaranya : bantalan karet, logam, dan lainnya. Di antara bahan “Karet Bantalan jembatan” tersebut, yang paling sering digunakan adalah karet elastomer bantalan jembatan berbahan karet. Bantalan jembatan karet sendiri dapat terbuat dari karet alami (natural rubber), karet sintetis (seperti neoprene dan EPDM), maupun campuran karet alami dan sintetis.
karet elastomer jembatan

Karet elastomer jembatan atau yang biasa disebut sebagai elastomeric bearing pads jauh lebih mudah dipasang pada jembatan dibandingkan dengan jenis tatakan  yang lain dan memerlukan perawatan yang seminimal mungkin. Elastomeric bearing pad dapat mampat saat diberi tekanan vertikal dan juga mampu mengakomodasi rotasi horizontal, serta memberikan gerakan pergeseran lateral.
Karet elastomer jembatan dapat berupa balok bantalan karet biasa (Plain bearing pad ) ataupun dengan lapisan lempengan baja di dalamnya (Steel Reinforced Elastomeric Bearing). Steel Reinforced Elastomeric Bearing 
merupakan Karet Elastomer Bantalan jembatan yang dibuat dari penggabungan lempengan baja dan elastomer atau karet pada saat proses vulkanisasi atau pencetakan.
Di bawah ini menunjukkan perbedaan antara Plain bearing pad dan Steel Reinforced Elastomeric Bearing.
Plain Bearing Pad dan Laminated Bearing Pad


Perlakuan tekanan pada Bearing Pad polos dan laminasi

0 komentar:

Posting Komentar